Sambut Era Post Normal, JNE Dukung UMKM Jambi di JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

Kamis, 02 Juni 2022

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - Momentum post normal menjadi titik balik bagi lebih dari 60 juta pegiat UMKM yang sempat mengalami kegetiran menghadapi masa krisis. Potensi bangkitnya UMKM tak lepas dari upaya stakeholders lainnya yang berlomba-lomba menghadirkan dukungan bagi UMKM di sekitarnya. Tak terkecuali JNE sebagai mitra UMKM Jambi.

JNE menggelar webinar JNE Ngajak Online 2022 secara virtual guna pemberdayaan UMKM. Mengusung tema “Goll...aborasi Bisnis Online” diharapkan UMKM di Indonesia khususnya Jambi memiliki kemampuan bersaing di dunia digital tidak hanya pada skala nasional namun juga global.

Perhelatan ini mengumpulkan lebih dari 150 UMKM Jambi dengan tiga narasumber, yakni Jacksen selaku Branch Manager JNE Jambi, Nur Hayana selaku Owner Kina Studio, dan Chandra Lela Owner CEO Madu CLB.

Jacksen yang membuka gelaran ini, menyampaikan rasa syukurnya atas hari jadi Kota Jambi serta berharap kolaborasi antarstakeholders bisa terbangun.

“Selamat hari jadi Kota Jambi yang ke-621 dan selamat untuk pemerintahan Kota Jambi yang ke-76. Saya harap kita bisa terus bersinergi dengan para pengusaha UMKM dan pemerintah agar bisa saling mendukung,” ujar Jacksen.

Sementara, menggeluti bisnis hampers sejak 2021, Hayana selaku owner Kina Studio membuka diskusinya dengan mengutarakan pihaknya telah fokus memasarkan produk di kanal digital sejak awal produknya dirilis.

“Kita selalu berfokus ke jualan online. Kita menyediakan hampers, dekorasi rumah, anyaman, dan hadiah. Diferensiasi produk kami adalah menggunakan bahan bahan anyaman alami. Seperti bambu dan lidi rotan,” ujar Hayana pada JNE Ngajak Online Kota Jambi.

Dalam keterangannya Hayana memberikan tips bagi pegiat UMKM mengenai pentingnya memahami pemasaran digital.

“Penting untuk mengetahui trend yang sedang berlangsung di kalangan konsumen. Misalnya saat ini konsumen sedang menyukai media sosial TikTok, kita bisa membuat konten jualan yang menghibur di kanal tersebut,” ujarnya.

Hayana menegaskan pentingnya mengadaptasi tren media sosial yang diminati masyarakat, tak lain agar media sosial diikuti oleh banyak calon konsumen yang pada akhirnya tertarik untuk membeli produknya.

Chandra Lela selaku Owner Madu CLB yang juga hadir sebagai narasumber JNE Ngajak Online, sepakat dengan uraian Hayana.

“Penjualan melalui online shop sangat membantu karena dengan adanya pandemi semuanya virtual. Selain itu, dukungan layanan dari jasa ekspedisi yang tepat tentunya berperan penting, dalam hal ini kami mempercayakan JNE,” ujarnya.

Baik Hayana atau Chandra percaya bahwa memiliki Unique Selling Proposition (USP) atau keunikan dalam produk menjadi hal esensial untuk mendongkrak penjualan.

“Proses panen dan pascaproses panen jadi keunikan kami. Madu CLB menggunakan proses pemurnian pascapanen, sehingga ketahanan pangan sudah SNI. Jadi positioning kita diprosesnya,” ujarnya.

Keberlangsungan bisnis pegiat UMKM di kanal digital tak bisa dilepaskan dari peranan jasa ekspedisi yang mengirimkan pesanan ke seluruh Indonesia. JNE dengan slogan Connecting Happiness, berkomitmen untuk mendukung UMKM dengan berbagai layanan untuk menghantarkan kebahagiaan.

“Sejak 2017 kita rutin melakukan sosialisasi bagi para UMKM soal bagaimana mengembangkan bisnis yang dulunya offline menjadi online. Lalu topiknya kita upgrade menjadi strategi mengembangkan bisnis online,” ujar Jacksen selaku Branch Manager JNE Jambi.

“Kita juga memberikan diskon spesial dan promo untuk para pengirim, yang pasti UMKM menjadi prioritas dan kita sangat terbuka untuk peluang kolaborasi,” ujarnya.

Kolaborasi dikenal sebagai salah satu trik membangun usaha yang moncer, selain menguntungkan kedua belah pihak, kolaborasi juga mampu menghasilkan ide-ide baru yang dapat diterapkan di masa mendatang. Oleh karenanya JNE terus berupaya untuk berkolaborasi dengan UMKM setempat, menghadirkan berbagai program pelatihan.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Jambi merupakan kota ke-16 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Jambi, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Bogor pada 3 Juni 2022.(*)



Tags:


BERITA BERIKUTNYA
loading...