Kader PKK Harus Peka dan Peduli Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat

Jumat, 08 Oktober 2021

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM – Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris (Hesti Haris) mengharapkan,  kader PKK dapat terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat, serta lebih banyak bersinergi dengan pemda dan turun ke lapangan, untuk membantu memantau kondisi riil di masyarakat. Harapan ini disampaikannya saat

Roadshow Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan di Ruang Pola Kantor Bupati Merangin, Kamis (7/10).

Acara dihadiri Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi Titi Afrianti Agus Sunaryo beserta anggota TP PKK Provinsi Jambi lannya, Bupati Merangin  Mashuri, Ketua TP PKK Merangin Nurhaida Mashuri, Sekda Merangin Fajarman,  anggota TP PKK Merangin, dan para OPD Merangin.

Hesti  Haris mengatakan PKK merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang mempunyai peran membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berdaya, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dikatakannya,  dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran gerak PKK tentu harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

”Saya berharap agar tim penggerak PKK dan kader PKK dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait. Sebagai mitra pemerintah, PKK harus mensinergikan segala bentuk program yang dikembangkan dalam membantu pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan sosial di daerah,” harapnya.

Dijelaskan Hesti, dalam kegiatan ini samakan persepsi tentang penggerakan PKK yang akan datang dan menyatukan program kerja mulai dari pusat , provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai ke desa.

”Kita mengajak kerja sama yang berkaitan program bersama OPD untuk mendukung gerakan PKK di daerah. Kalau dulu PKK diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri, agak sulit untuk mengajak OPD untuk berkerja sama, tetapi sekarang PKK sudah diatur Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 dan Permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, serta hasil Rakernas IX tahun 2020,” jelasnya.

Hesti mengatakan posyandu merupakan salah satu program binaan PKK Kabupaten Merangin, diharapkan gerakan ini dapat sejalan dengan apa yang telah dilakukan posyandu-posyandu di kecamatan .

Hesti mengatakan pengaruh Hp bagi anak-anak tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial. "Potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah screen dependency disorder (gangguan ketergantungan terhadap layar gadget)  serta pengaruh negatifnya banyak sekali, apapun yang kita buka bisa dilihat. Ini sangat membahayakan,  kalau tidak kita awasi anak kita secara rutin,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Merangin Mashuri berharap kedatangan PKK Provinsi Jambi bisa memacu peningkatan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan dan bisa membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat bagi TP PKK Kabupaten Merangin.

Sebelumnya Ketua TP PKK  Merangin Nurhaida Mashuri mengharapkan melalui Pencanangan Gerakan keluarga Pelopor Perubahan akan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh keluarga-keluarga di Kabupaten Merangin dan PKK kembali kepada intinya yaitu sebagai Gerakan Masyarakat untuk Pemberdayaan Keluarga.(*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...