Hesti Haris Canangkan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan di Kabupaten Muaro Jambi

Senin, 04 Oktober 2021

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesti Haris mencanangkan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju dan Jambi Mantap 2024 di Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan dilaksanakan di Sengeti, Senin (4/10) dalam rangka roadshow TP PKK Provinsi Jambi sebagai amanat dari rakernas tahun 2021 yang menyerukan agar TP PKK semua jenjang menyosialisasikan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi, Iin Kurniasih dan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro. "Kita bertekad untuk terus melakukan perubahan melalui 10 Program Pokok PKK karena esensi 10 Program Pokok PKK sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Jambi pada umumnya dan khususnya masyarakat Muaro Jambi," jelasnya.

Menurut Hesti, nilai-nilai yang terungkap dalam 10 Program Pokok PKK mengatur dan menata aktivitas keluarga sejak dari bangun tidur sampai tidur kembali sehingga jika diterapkan secara konsisten dan sungguh-sungguh diyakini dapat mengubah tata kehidupan keluarga dari yang belum baik menuju yang lebih baik dari keluarga yang lemah menuju keluarga yang kuat apalagi dalam suasana pandemi Covid-19.

"Untuk mewujudkan tujuan tersebut tentunya banyak hal yang mesti kita lakukan dan kita benahi baik dalam tata kelola kelembagaan tertib, administrasi serta implementasi 10 Program Pokok PKK. Sebagai bentuk komitmen dukungan TP PKK Kabupaten Kota terhadap Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan maka perlu disebarluaskan secara berjenjang melalui forum rapat kerja daerah PKK Kabupaten dan Kota," tegasnya.

Hesti  menyatakan agar TP  PKK Kabupaten Muaro Jambi siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat untuk dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat untuk itu agar dapat bergerak bersama dalam mengedukasi memotivasi masyarakat agar upaya untuk meningkatkan 10 Program Pokok PKK sebagai landasan awal dalam meningkatkan kualitas keluarga menjadi pelopor perubahan.

“Sebagai bekal rakerda setelah ini nanti sekretaris dan para ketua pokja akan menyampaikan materi secara lebih detail dalam sesi pendalaman materi rakernas maka yang pelaksanaannya sudah diatur oleh TP PKK Kabupaten Muaro Jambi. Kita menyadari bahwa Dasawisma adalah garda terdepan gerakan PKK maka keberadaan Dasawisma harus menjadi perhatian dan pembinaan yang optimal,” ungkapnya.

Untuk itu TP PKK Provinsi Jambi, pada tahun 2021 ini telah membangun sebuah sistem aplikasi dasar Dasa Wisma berbasis teknologi informasi yang diharapkan dapat mempermudah kelompok dasawisma dalam melaksanakan buku kas Penjaringan data keluarga data Kegiatan warga dan data penjaringan data keluarga, data kegiatan warga dan data regenerasi keluarga.

“Hal ini kami lakukan karena mengamati situasi dan kondisi kita saat ini memang telah melebur dalam dunia digital yang menuntut kita untuk mampu beradaptasi.  Disamping itu TP PKK pusat pun telah mendorong agar gerakan PKK harus akrab dengan teknologi, kami juga mengagendakan dalam rangkaian kegiatan ini kegiatan Bimtek operator Dasawisma yang akan difasilitasi oleh Tim Pengembangan Aplikasi Dasawisma ini dari Dinas Kominfo Provinsi Jambi,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK juga melakukan penanaman pohon di sekretariat  TP PKK Kabupaten Muaro Jambi. Setelah pencanangan Hesti meninjau Posyandu Anggrek 1 untuk balita dan lansia dan toko PKK dan Taman Baca Masyarakat (TBM), di Desa Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi.(*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...