Alfamart Ajarkan Bisnis Ritel Modern ke Pelaku UMKM di Tanjabtim

Kamis, 30 September 2021

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola jaringan ritel Alfamart bersama Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) menggelar Pelatihan Manajemen Ritek Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Rabu (29/9). Puluhan pelaku UMKM antusias mengikuti acara yang digelar di Aula Kantor Bersama Tanjabtim.

Branch Manager Alfamart Anang Sani mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para pedagang atau pelaku UMKM memahami manajemen ritel modern.

“Materi yang diberikan untuk para pedagang antara lain, tips mengelola usaha ritel dengan sentuhan modern, tips mengatur persediaan (stock) barang, tips menata (mendisplay) barang, tips mengatur keuangan (cash flow) hingga product knowledge,” ujarnya.

Tudingan yang ada selama ini, kehadiran ritel modern mematikan warung tradisional, kata Anang, perlu dicermati.

“Ritel modern memiliki segmentasi yang berbeda dengan warung tradisional. Jadi, keduanya bisa hidup dan berkembang secara berdampingan,” ujarnya.

Anang mengatakan kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan, menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil. “Jadi intinya, kami ingin berkembang bersama UMKM,” tegasnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini Alafmart juga mengajak para pelaku UMKM di Tanjabtim untuk dapat menjadi mitra Alfamart. “Di sini memiliki produk khas yang sangat digemari pasar. Bukan tidak mungkin produk tersebut bisa pula dipasarkan di Alfamart,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tanjabtim Syahbudin mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan pelaku UKM bisa bermitra dengan Alfamart. Ke depan Alfamart membantu pemasaran produk UKM Kabupaten Tanjabtim," ujarnya.(*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...