Ini Jadwal Migrasi Nasabah 3 Bank Syariah di Jambi

Rabu, 19 Mei 2021

(surtan/onlinejambi.com)

Area Manager BSI Jambi, Ari Yusnairy Muslim (kanan) dan Area Retail & Transaction Manager BSI Area Jambi, Eka Yulianti.

ONLINEJAMBI.COM - Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Jambi menyatakan kesiapan untuk melakukan proses roll-out atau migrasi rekening dan data nasabah pada Juni 2021 terhadap 300 ribu lebih nasabah BSI Area Jambi.

"Kami siap melakukan roll-out sebagai salah satu langkah operasional, yang dilakukan secara bertahap agar tidak ada penumpukan," ujar Area Manager BSI Jambi, Ari Yusnairy Muslim saat Press Conference tentang Migrasi Rekening Bank Syariah Indonesia, di Swiss-Belhotel Jambi, Rabu (19/5). Hadir juga Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi Endang Nuryadin.

Dikatakan Ari, proses migrasi akan dimulai pada Juni 2021 dengan beberapa tahapan sesuai kriteria nasabah. Pada 1 hingga 20 Juni, BSI akan jemput bola untuk proses. Selanjutnya mulai 21 Juni 2021 akan dilakukan auto migrasi.

"Kami akan mengunjungi langsung nasabah, melalui telepon, juga mengirimkan SMS blast kepada seluruh nasabah," ujar Ari.

Adapun perubahan yang dilakukan, katanya, mencakup seluruh aspek identitas seperti logo, desain brand, hingga hal-hal substansial operasional seperti perubahan buku rekening, kartu ATM, hingga mobile banking dan internet banking.

Namun dirinya menyebutkan salah satu fokus BSI dalam proses migrasi di Jambi adalah proses nasabah dari bank legacy ke BSI. Untuk mencapai tujuan ini nasabah diimbau untuk mengganti rekening mereka dari bank syariah lama menjadi rekening BSI. Proses ini bisa dilakukan secara daring maupun tatap muka ke kantor cabang BSI. 

Saat kini nasabah BNI Syariah atau BRI Syariah maupun Bank Syariah Mandiri masih bisa dapat menggunakan jaringan ATM masing-masing bank maupun jaringan ATM kerjasama seperti ATM Prima, ATM bersama dan GPN. Sementara mobile banking masing-masing bank masih bisa digunakan sampai informasi selanjutnya.

Ari mengatakan dengan migrasi akan mempercepat aspirasi untuk memgembangkan market lebih baik lagi.

Secara garis besar ada 2 cara migrasi rekening. Yakni, melalui digital dan kantor cabang. Melalui digital ada beberapa cara yakni call center 14040, membalas/replay WhatsApp Business BSI, Live chat Aisyah, dan melalui Mesin ATM.

Untuk informasi rinci terkait mekanisme dan persyaratan roll-out atau migrasi ini dapat diakses melalui situs web resmi Bank Syariah Indonesia di www.bankbsi.co.id.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin (tengah) diapit Area Manager BSI Jambi, Ari Yusnairy Muslim (kanan) dan Area Retail & Transaction Manager BSI Area Jambi, Eka Yulianti.

Ini Pesan OJK untuk BSI

Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin mengatakan Indonesia dengan penduduk muslim terbesar memiliki potensi besar untuk pengembangan perbankan syariah.

“OJK menaruh harapan agar BSI terus berkembang dan mensejahterakan umat dam seluruh ralyat,” ujarnya.

OJK, kata Endang, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan BSI dalam mencapai tahapan-tahapan yang dilakukan. “Semoga tahanpan-tahapan tersebut berjalan lancar,” harapnya.

Endang pun berpesan untuk BSI. Pertama, BSI harus universal, terbuka, menyambut baik siapa pun yang ingin menjadi nasabah. Lalu, BSI harus bisa memaksimalkan digitalisasi biar jangkauannya lebih luas.

“BSI harus bisa menark minat kaum milenial, produk dan layanan harus kompetitif, serta harus jeli dan gesit menangkap peluang,” tandasnya.

Media massa, kata Endang, juga harus ikut membantu literasi masyarakat terkait perbankan syariah.(*)



Tags:


BERITA BERIKUTNYA
loading...