Pemenang AJP Sumbagteng Diumumkan, 1 Jurnalis Jambi Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Selasa, 08 Desember 2020

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - Setelah melewati proses mulai dari pengumpulan karya hingga proses penjurian, Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020 teritorial Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng) mencapai proses akhir yaitu pengumuman pemenang. Dari total 67 karya yang masuk, telah ditetapkan 5 karya terbaik yang akan melaju ke putaran final AJP 2020 tingkat nasional.

AJP sendiri merupakan bentuk penghargaan kepada insan pers yang terus berdedikasi atas pemberitaan terkait Pertamina. Terdapat 8 kategori pada gelaran AJP 2020 tahun ini dimana akan ada pemenang 1, 2 dan 3 di masing-masing kategori tersebut.

Di tingkat teritorial Sumbagteng yang terdiri dari Provinsi Riau dan Provinsi Jambi, terdapat 67 karya yang masuk baik yang menyangkut pemberitaan Refinery Unit (RU) II Dumai dan Sungai Pakning di Provinsi Riau, Marketing Operation Region (MOR) I Sumatra Bagian Utara di Provinsi Riau, MOR II Sumatra Bagian Selatan di Provinsi Jambi dan Anak Perusahaan Pertamina di Provinsi Riau dan Jambi.

Karya jurnalistik Teritorial Sumbagteng yang masuk ke meja dewan juri terbagi dalam 5 kategori. Berikut deretan pemenang di masing-masing kategori tersebut:

Kategori Feature Media Cetak

Juara 1: Yon Rizal Solihin (Harian Pagi Dumai Pos), "Inovasi dan Revitalisasi Kilang, Jalan Terang Menuju Kemandirian Energi Anak Negeri"

Juara 2: Henny Elyati (Harian Riau Pos), "Satukan Energi, Bersinergi Untuk Negeri Produksi Green Energy Massal"

Juara 3: Bambang Hendriyanto (Harian Dumai Pos), "Turn Around Kilang Pertamina Dumai Memboyong Berkah"

Kategori Media Online/Siber

Juara 1: Muawwin (Jambilink.com), "Jurus Taichi Pertamina EP di Masa Pandemi"

Juara 2: Muhammad Amin (Riaupos.com), "Melayani Rakyat, Melindungi Bumi"

Juara 3: Yon Rizal Solihin (Dumai Pos News), "BBN, Asa Terakhir Petani Sawit Dumai Wujudkan Mimpi Melalui Inovasi dan Teknologi Anak Negeri"

Kategori Foto Essay

Pemenang: Bambang Hendriyanto (Harian Dumai Pos), "Semangat Latihan Menenun

Kategori Program Kemitraan

Juara 1: Miswanto (Harian Pagi Dumai Pos), "Sentuhan Humanis Ala Pertamina di Kampung Neraka"

Juara 2: Rezi Andika Putra (Riaupembaruan.com), "Pertamina Topang Keberlanjutan Usaha Masakan Rumahan Bunda Kala Pandemi"

Juara 3: Vera Lusiana (LKBN Antara), "Pastel Durian Frozen Bells Kitchen Mendulang Asa Lewat Kemitraan Pertamina"

Kategori Program CSR/Pemberdayaan Masyarakat

Juara 1: Sarwadi (Xnewss.com), "Petani Binaan Pertamina Mendulang Rupoah Dari Mengolah Limbah Nanas"

Juara 2: Hendry Nursal (Jambidaily.com), "Pertamina Bersama Dewi Sri Menyemai Benih di Tanah Kenali Asam, Saat Pandemi Covid-19

Juara 3: Bambang Prayetno (Halloriau.com), "CSR Pertamina Dorong Kelompok Tani Bukit Mekar Bangkit Dari Lahan Tidur Hingga Berpenghasilan Rp 250 Juta"

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II Pertamina, Brasto Galih Nugroho, menyampaikan bahwa ketiga belas pemenang AJP Teritorial Sumbagteng tersebut merupakan hasil penjurian ketat yang dilaksanakan Selasa (1/12) lalu.

"Masing-masing karya dinilai oleh 3 juri yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. M. Nuh, DEA (Ketua Dewan Pers Indonesia), Dr. Suyanto, M.Sc (Dosen Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UNRI) dan saya sendiri sebagai perwakilan dari internal Pertamina," jelasnya.

Pemenang Juara 1 untuk masing-masing kategori, lanjut Brasto, akan masuk ke meja penjurian AJP tingkat nasional.

"Lima karya terbaik di masing-masing kategori akan bertanding dengan karya lain dari sabang sampai merauke di AJP Nasional untuk memperebutkan hadiah di tingkat nasional. AJP tahun ini merupakan AJP pertama yang terintegrasi untuk tingkat nasional dan teritorial," lanjutnya.

General Manager Pertamina RU II Dumai, Didik Bahagia, menyampaikan apresiasinya kepada media yang telah berpartisipasi pada AJP teritorial Sumbagteng.

"Semoga perwakilan media Sumbagteng keluar menjadi yang terbaik pada gelaran final AJP Nasional," ujarnya.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Tetap kreatif dan terus berkarya. Sampai jumpa di gelaran AJP selanjutnya," tandas Didik.(*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...