Al Haris Akan Dorong Ponpes Berbasis SMK

Selasa, 20 Oktober 2020

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - Keberadaan pondok pesantren (Ponpes) di Provinsi Jambi, menjadi perhatian serius calon Gubernur Jambi nomor urut 3, Al Haris. Dia sangat mendukung berkembangnya ponpes di Jambi.

Untuk itu dalam visi-misinya, pasangan Al Haris – Abdullah Sani juga  memiliki program bantuan operasional untuk ponpes dan mendorong ponpes berbasis SMK.

Al Haris mengatakan, ponpes berbasis SMK adalah mendidik generasi Islam yang terampil dan cekatan untuk bersaing di dunia kerja, namun tetap berpegang teguh pada norma-norma ajaran Islam.

"Ke depan saya kira Ponpes tidak hanya mendidik anak-anak untuk belajar agama saja, tapi juga mendidik anak-anak ilmu dalam bekerja, ada skil selama belajar di pondok," kata Al Haris, saat sowan dengan pimpinan Ponpes di Kecamatan Batang Asam, Tanjab Barat, Senin (19/10).

Karena itu jika ditakdirkan Allah menjadi gubernur Jambi, Al Haris memastikan bakal mendorong terbentuknya ponpes berbasis SMK.

"Kan banyak bantuan workshop SMK, di situ tinggal lagi pemerintah mengisinya, membantu pembiayaan untuk belajar bagi mereka," sebutnya.

Al Haris melanjutkan, jika pesantren berbasis SMK sudah terbentuk, lulusannya akan memiliki banyak pilihan. Apakah melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja.

"Tamat dari pesantren ilmu agama dia peroleh, mau kuliah juga boleh untuk bekerja juga sudah ada skill," jelas Al Haris.

Al Haris menyebutkan ke depan Jambi tidak hanya harus dibangun di bidang infrastruktur saja, tapi juga moral dan akhlak. Bahkan terkait konsep pembangunan Jambi ke depan dirinya juga meminta pandangan, arahan, dan masukkan dari MUI dan lembaga adat.

"Itu juga saya memilih Abdullah Sani menjadi wakil saya, saya umara seorang birokrat dan Abdullah Sani ulama yang fokusnya banyak ke pendidikan dan keagamaan," tandas Al Haris.(*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...