Sekolah Pasar Modal Online di Masa New Normal

Selasa, 30 Juni 2020

(ist/onlinejambi.com)

ONLINEJAMBI.COM - Selama masa pandemi Covid-19, berlanjut ke PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan menjadi New Normal, kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang difasilitasi Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama para Anggota Bursa tetap berjalan. Bedanya, SPM selama periode pandemi hingga new normal saat ini dilakukan melalui platform webinar (web seminar) atau secara online.

Alhasil kegiatan edukasi bagi masyarakat ini tetap berjalan lancar meski dalam situasi yang berbeda. BEI berhasil beradaptasi dengan situasi pandemi ini untuk terus menjalankan fungsinya sebagai fasilitator perdagangan saham di Pasar Modal Indonesia. Salah satu tugas fasilitator adalah melakukan edukasi dan sosialisasi mengenalkan cara berinvestasi di pasar modal.

Kelas Online SPM sebetulnya sudah disiapkan sejak sebelum masa pandemi. Ini menjadi solusi bagi calon investor yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri kelas tatap muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi. Menjadi semakin bermanfaat ketika terjadi pandemi Covid-19.

Dalam kelas online ini calon investor mendapatkan edukasi investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media video conference, audio, tertulis email dan forum digital yang digunakan sebagai sarana belajar.

Calon investor juga akan langsung diarahkan untuk membuat Rekening Dana Nasabah (RDN) dari mitra Perusahaan Efek (PE) yang menjadi mitra dari SPM Online dapat dipilih sendiri, untuk kemudian digunakan pada saat berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia.

Tagline SPM adalah “Belajar Pasar Modal dari yang Ahli di Bidangnya”. Pengajar Sekolah Pasar Modal adalah pelaku-pelaku pasar modal yang sudah bergelut di dunia pasar modal bertahun-tahun dan merupakan ahli di bidangnya. Sehingga sesuai misinya menjadi sarana Iinformasi dan edukasi yang benar serta meningkatkan awareness kepada semua kalangan baik pelaku, pengamat, dan khalayak umum.

Dengan adanya Sekolah Pasar Modal yang terbuka untuk umum, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan dunia pasar modal ke masyarakat umum yang masih buta mengenai pasar modal.

Sebagai gerbang pertama menjadi investor di pasar modal, SPM menyiapkan modul pembelajaran berinvestasi saham dan reksa dana, serta edukasi pasar modal syariah (SPMS). Selain memberikan edukasi yang benar tentang investasi, Edukasi tentang investasi saham dan reksa dana. SPM juga memberikan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham dan reksa dana.

Lebih lanjut, kita juga menyediakan berbagai kelas edukasi tentang teori pemilihan saham dan reksa dana untuk diinvestasikan. Kelas SPM Online meningkatkan awareness bahwa investasi di pasar modal investasi saham dan reksa dana itu mudah dan terjangkau, serta memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor.

Sementara SPMS menekankan pada edukasi yang benar tentang investasi pada produk-produk investasi syariah di dan . Memberikan informasi tentang pasar modal Syariah di Indonesia Memberikan edukasi tentang investasi saham Syariah di pasar modal dan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham syariah.

Edukasi tentang teori pemilihan saham Syariah untuk diinvestasikan. Meningkatkan awareness bahwa investasi saham syariah itu mudah dan terjangkau, serta memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberikan fasilitas dan perlindungan kepada investor syariah.

Masyarakat yang belum menjadi investor pasar modal bisa mendaftar melalui website BEI www.idx.co.id atau call center ke 0800-100-9000. Bulan Juli 2020, BEI menyiapkan 10 batch kelas SPM Saham level 1 yang diadakan setiap tiga hari sekali, dengan kuota per batch sebanyak 110 peserta.

Ada dua level kelas SPM. Pada SPM level 1 peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, tentang investasi khususnya investasi saham, dan cara berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia.

Untuk mengikuti SPM level 1 peserta dikenakan biaya Rp100 ribu yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham. Artinya, biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham.

Sedangkan SPM level 2 adalah Workshop Investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham di Pasar Modal Indonesia, yang dibuktikan dengan mempunyai Single Investor Identification (SID) dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat mengikuti SPM level 2.

SPM level 2 juga dapat diikuti peserta SPM level 1 pada hari yang sama. Pada SPM level 2 peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan.

Peserta yang mendaftar SPM level 1 dapat langsung mendaftar SPM level 2 yang penyelenggaraannya biasanya dilaksanakan pada hari yang sama atau di hari lain setelah peserta mengikuti SPM level 1.

Kegiatan pembelajaran selalu diadakan di setiap minggunya oleh setiap Kantor Perwakilan BEI setiap hari Selasa, Rabu, Kamis. Sesi pertama pagi-siang untuk level 1 dan sesi kedua siang sampai sore untuk level 2. 

Setiap peserta SPM akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPM lLevel 1, SPM lLevel 2 (Workshop Investasi) dan telah melakukan transaksi jual/beli saham.(TIM BEI)

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...