JoomlaLock.com All4Share.net

swiis

Desa Bebas Api Binaan Asian Agri Terima Reward Rp300 Juta
ist/onlinejambi.com

ONLINEJAMBI.COM - Kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan serta terbebasnya dari musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), patut diapresiasi.

Dari 5 desa binaan PT Rigunas Agri Utama (RAU) yang merupakan unit bisnis Asian Agri melalui Program Desa Bebas Api (DBA), 3 desa di antaranya memperoleh Reward DBA, yakni Desa Teriti, Desa Semambu, dan Desa Muaro Sekalo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo.

0 asiana

Untuk itu, ketiga desa binaan tersebut berhak memperoleh dana pembinaan sebesar masing-masing Rp 100 juta dari Asian Agri, yang secara simbolis diserahkan Bibit Sembiring selaku SM PT Rigunas Agri Utama, pada Jumat, 18 Oktober 2019.

"Pemberian Reward Desa Bebas Api untuk 3 desa binaan PT RAU ini adalah sebuah apresiasi dan penghargaan dari pihak perusahaan terhadap desa-desa yang telah membuktikan bahwa tidak ada kejadian karhutla pada kurun waktu Juli 2018 s/d Juli 2019,” ujarnya.

"Dengan adanya program ini, kami berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat jangan sampai terjadi karhutla dan kemudian menjadi kebiasaan selalu menjaga lingkungannya dan mencegah terjadinya kebakaran," ujar SM PT Rigunas Agri Utama, Bibit Sembiring.

0 asianaaa

Menurutnya, perusahaan selalu mendukung program pemerintah dalam hal kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, dari 5 desa yang menjadi binaan di Kecamatan Sumay patut diberi apresiasi. 3 desa yang berhasil mendapatkan reward total Rp300 juta itu adalah Desa Teriti, Muaro Sekalo, dan Semambu.

Desa Teriti dan Muaro Sekalo sudah mendapatkan reward sebanyak 2 kali berturut-turut.

"Ini juga merupakan kebanggaan bagi perusahaan bahwa pembinaan ke desa-desa sekitar dapat berhasil. Namun, ke depan tantangannya akan semakin berat, seiring semakin bertambahnya jumlah penduduk dan banyaknya warga yang ingin membuka lahan. Untuk itu diharapkan peran perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk selalu memonitor perkembangan program DBA ini," ujarnya.

Sementara itu, Adensius Tarigan selaku Manager Plasma PT RAU berpesan, agar dana pembinaan yang diberikan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan desa.

"Yang paling penting adalah jangan lupakan masyarakat peduli api yang sudah terbentuk di tiap-tiap desa. Perhatian desa untuk MPA yang terbaik adalah dalam bentuk ekonomi kerakyatan yang dikelola oleh MPA, yang diharapkan dapat mendorong pendapatan bagi MPA," sebutnya.

Suherman, penerima reward yang juga Kades Muaro Sekalo berterima kasih kepada PT Rigunas yang telah memberikan reward bagi desanya.

"Di Kabupaten Tebo ini, saya kira baru PT Rigunas yang telah melaksanakan pembinaan pencegahan karhutla melalui Program Desa Bebas Api. Yang saya tahu, PT Rigunas juga selalu tanggap jika terjadi kebakaran di wilayah sekitarnya, karena ada team damkar yang selalu siaga dan bekerja sama dengan TNI, Polri dan pemerintah dalam hal pencegahan kebakaran," ujarnya.

Ia menambahnya, reward DBA telah diperoleh dua kali berturut-turut dan uang yang diperoleh ini untuk pembangunan di desa, kesejahteraan masyarakat sesuai harapan perusahaan.

"Pembangunan fasilitas umum lah yang kami dahulukan, supaya warga pun merasakan hasil dan jerih payah dari usaha mereka dalam ikut mencegah kebakaran," tandasnya.

Hafiz Hazalin Sinaga mewakili Fire Team Asian Agri mengungkapkan, dalam pencegahan karhutla itu pasti butuh proses yang sangat melelahkan.

"Tiap hari kita selalu berjaga-jaga jangan sampai ada kebakaran, apalagi karhutla sudah menjadi isu nasional. Dalam prosesnya kita jalin kerjasama antara pemerintah, TNI, Polri, masyarakat dan perusahaan. Dalam hal ini perusahaan tidak tinggal diam dan ikut serta tejun langsung ke masyarakat dan bersama-sama berusaha supaya jangan sampai ada karhutla," jelasnya.

Ia berharap, jangan lupakan masyarakat peduli apinya, yang telah dengan sukarela selalu berusaha mencegah kebakaran.

"Melalui reward yang diperoleh, beri mereka (masyarakat) melalui usaha alternatif untuk pendapatan tambahan. Kemudian sisihkan dana tadi, juga untuk pembelian alat-alat pemadaman api ringan dan di tempatkan di pos MPA. Jika belum ada pos MPA, maka bangunkan segera," tandasnya.(*)

Tagar Terkait:
loading...

BERITA 5 BAWAH

  • FINANSIAL
  • GADGET
  • PROPERTI
  • RITEL
  • PERKEBUNAN
  • MIGAS
  • OTOMOTIF