JoomlaLock.com All4Share.net

swiss

Bebas Api, 4 Desa Ini Raih Penghargaan Dari Asian Agri
Istimewa/Onlinejambi.com
ONLINEJAMBI.COM - Sebanyak empat desa di Jambi, Kamis (4/7) meraih penghargaan atas komitmen dan keberhasilan desa dalam upaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan di desa melalui program Desa Bebas Api. 
 
Empat desa itu adalah Desa Semambu. Desa Muara Sekalo, Desa Teriti, dan Desa Lubuk Lawas memperoleh penghargaan dengan total Rp350 juta. Secara cuma-cuma Rp100 juta untuk masing-masing desa yang hilang nol desa (Desa Semambu, Desa Muara Sekalo, dan Desa Terit). Sedangkan Rp50 juta lagi untuk desa yang menghabiskan kebakaran di bawah I hektare (Desa Lubuk Lawas) untuk periode program tahun 2018/2019.
 
Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Daerah Asian Agri Wilayah Jambi, Ramli Simarmata untuk masing-masing kepala desa pada acara Halalbihalal Asian Agri dengan insan pers di EV Garden, Jambi.
 
 "Kehadiran program Desa Bebas Api Asian Agri di Jambi untuk bersama-sama dengan masyarakat yang disetujui mengenai kebakaran hutan dan lahan," ujar Ramli. 
 
Program Desa Bebas Api binaan Asian Agri dimulai pada 2016, dengan bermitra bersama 7 desa di Riau dan 2 di Jambi. 
 
Program ini menunjukkan perkembangan positif terhadap pengurangan titik api signifikan. 
 
Saat ini, program kemitraan berkembang dengan bermitra bersama 9 desa di Riau dan 7 desa di Jambi.
 
Program yang menitikberatkan pada usaha memperbaiki hutan dan lahan ini membuat masyarakat sebagai pelaku utama untuk mengaktifkan aktifkan tempat tinggalnya dari kebakaran. 
 
Masyarakat desa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api (MPA) memberikan pelatihan untuk memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat lain, serta mendorong keselamatan sejak dini. 
 
Desa yang berhasil menghindari daerahnya akan menerima penghargaan sebesar Rp100 juta dan desa dengan kerusakan yang kurang dari satu hektar akan menerima Rp50 juta. 
 
Melalui program Desa Bebas Api, Asian Agri juga mendukung kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi yang dapat ditekuni oleh masyarakat desa sebagai salah satu alternatif pendapatan. (*)
Tagar Terkait:
loading...

BERITA 5 BAWAH

  • FINANSIAL
  • GADGET
  • PROPERTI
  • RITEL
  • PERKEBUNAN
  • MIGAS
  • OTOMOTIF