JoomlaLock.com All4Share.net
Warga Sangat Bersyukur Dapat CSR dari Asian Agri
Penyerahan CSR berupa ternak kambing. Ist/onlinejambi.com
ONLINEJAMBI.COM -Warga sangat bersyukur bisa berdampingan dengan Asian Agri, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit besar di Indonesia.
 
Sentuhan Asian Agri melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sangat dirasakan warga. 
 
Kepedulian Asian Agri tiada henti. Tak hanya perhatian terhadap keberlangsungan lingkungan saja, Asian Agri juga komitmen membantu warga sekitar perusahaan melalui program CSR.
 
"Memang betul yang dibilang orang-orang bahwa Asian Agri sangat peduli lingkungan dan masyarakat sekitar perusahaannya. Semenjak kami bergabung dan menjadi binaan Asian Agri, sudah banyak yang dirasakan," ujar Surianto, Kades Belanti Jaya Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari.
 
IMG 20190531 WA0013
 
Menurutnya, sejak bermitra dengan Asian Agri, warga memperoleh pembinaan petani plasmanya. 
 
"Kami (petani) dibina tiap hari. Keberadaan Asian Agri sangat dirasakan, sedikit demi sedikit masyarakat telah berubah dan mendapatkan hasilnya," ujarnya saat Asian Agri membagikan paket lebaran dan paket ternak kambing untuk kaum dhuafa sebanyak 4 ekor kambing untuk 2 keluarga pada 25 Mei lalu.
 
Turut hadir dalam penyerahan paket lebaran tersebut di antaranya Head CSR Asian Agri,  Welly Pardede, SM PT IIS Kebun Muara Bulian Muhammad, Manager Plasma Sahala Mahulae, Askep PT SJL Ayat Khumaini, dan tokoh masyarakat.
 
Apalagi menjelang lebaran ini, warga desa sekitar perusahaan Asian Agri mendapat berkah dari Tuhan dalam bentuk bantuan paket duafa. 
 
"Kalau tahun lalu paket sembako saja, tapi tahun ini ditambah pula ternak kambing. Semoga Tuhan membalas kebaikan para pemimpin Asian Agri. Kami akan selalu memantau perkembangan ternak ini, semoga ke depan semakin berkembang banyak, sehingga betul-betul mampu meningkatkan taraf hidup warga kami," ujar Surianto.
 
Kades Terusan, Ikhwani AMd mengakui, kehadiran Asian Agri di Desa Terusan telah mengangkat taraf ekonomi masyarakat, karena banyak dari warga desa ini yang dipekerjakan.
 
"Selain itu, juga banyak juga warga kami yang menjadi binaan perusahaan dengan menjadi petani plasma. Artinya memang betul-betul Indosawit sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Terusan. Selain itu, banyak juga bantuan CSR-nya, baik pembangunan masjid, sekolahan, perbaikan jalan dan lainnya. Baru saja kemarin kami dikunjungi dalam acara safari ramadhan. Eh, ini sudah datang lagi bantuan. Sungguh beruntung desa kami berdekatan dan menjadi binaan perusahaan," ujarnya.
 
Sementara itu, Head CSR Asian Agri Welly Pardede menyebutkan, sebagai salah satu perkebunan kelapa sawit besar di dunia, Asian Agri tidak akan pernah melupakan desa-desa di sekitarnya, karena masyarakat adalah bagian dari perkembangan perusahaan.  
 
"Perusahaan berupaya selalu hadir di tengah masyarakat dengan program-program CSR-nya, bahkan Asian Agri sangat peduli terhadap perkembangan masyarakat desa. Hal ini dibuktikan dengan adanya bantuan-bantuan pembangunan di segala bidang dan untuk semua lapisan masyarakat," ujar Welly.
 
Welly menambahkan, salah satunya seperti yang diadakan menjelang lebaran 1440 H, yaitu pemberian paket sembako untuk kaum duafa. 
 
"Perusahaan berkeinginan untuk berbagi kebahagiaan menjelang datangnya hari raya. Jadi mohon diterima, semoga di tahun mendatang program ini tetap berjalan," ujarnya.
 
SM PT IIS dan SJL, Muhammad mengatakan, pembagian paket lebaran dan paket ternak kambing untuk kaum dhuafa ini, merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk masyarakat. 
 
"PT SJL diketahui baru saja bergabung dengan Asian Agri, menjadi bagian unit bisnis perusahaan. Perusahaan berkomitmen merangkul semua elemen masyarakat. Kami (perusahaan) ingin melihat bahwa desa-desa yang berada di sekitar menjadi desa yang maju," cetusnya.  
 
Ia mengungkapkan, paket ternak kambing yang disalurkan Asian Agri adalah program terobosan baru, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi yang menerimanya. 
 
"Kami ingin melihat untuk tahun depan kambing ini sudah berkembang, sehingga permasalahan ekonomi keluarga dapat terbantu. Dan untuk warga yang lain jangan berkecil hati, karena program ini akan terus berkembang. Siapa tahu tahun depan secara berganti lan, warga yang lain dapat merasakannya," jelasnya.
 
Perusahaan berharap, ternak tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik, agar ternak ini dapat cepat berkembang. 
"Kita berharap di Desa Belanti Jaya ini suatu saat menjadi terkenal karena peternakan kambingnya," ucapnya.
 
Sementara itu, Khoiriyah, penerma paket ternak kambing, mengucapkan terima kasih pada Asian Agri. 
 
"Sayo dapat bantuan ini. Sayo janji akan rawat ternak ini dengan baik, tidak akan sayo jual, tapi akan dipelihara supaya jadi banyak. Kalo sudah banyak ada juga yang saya jual, tapi untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan kambing ini, pasti sayo sangat terbantu. Saya berdoa semoga perusahaan tambah luas dan sukses, supayo teman-teman kamipun dibantu jugo," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Head CSR Asian Agri Welly Pardede beserta rombongan mengunjungi salah seorang warga Terusan, Nyai Fatimah, nenek berusia 105 tahun, yang tidak bisa hadir karena sudah tua, sekaligus memberi santuan kepada Nyai Fatimah.(*)
loading...

BERITA 5 BAWAH

  • FINANSIAL
  • GADGET
  • PROPERTI
  • RITEL
  • PERKEBUNAN
  • MIGAS
  • OTOMOTIF