JoomlaLock.com All4Share.net

swiss

Pertamina Sukses Kembali Terbitkan Obligasi Global

ONLINEJAMBI.COM - Pertamina sukses kembali menerbitkan obligasi global (global bond) total senilai US$ 1,5 miliar.

Obligasi yang terdiri atas dua seri masing-masing senilai US$ 750 juta itu, diburu investor global dengan pesanan yang masuk kelebihan penawaran mencapai US$ 10,4 miliar atau hampir lebih dari enam kali lipat dari angka penawarannya.

Seri pertama gobal bond berperingkat Baa2/BBB/BBB ini mempunyai jangka waktu selama 10 tahun dan seri lainnya bertenor 30 tahun.

Bertindak sebagai bookrunners obligasi yang penawarannya dibuka sejak Selasa (22/7) antara lain Deutsche Bank, HSBC, PT Mandiri Sekuritas, dan Standard Chartered.

Saat penutupan penawaran, obligasi bertenor 10 tahun tersebut meraih tingkat bunga cukup rendah yakni 3,65% dan seri berjangka waktu 30 tahun mendapatkan tingkat bunga 4,7%.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan keberhasilan Pertamina menerbitkan global bond tersebut menjadi bukti bahwa kepercayan investor kepada perseroan semakin tinggi.

"Seiring peningkatan kinerja yang terus menerus dilakukan Pertamina di segala lini usaha, perseroan telah sukses kembali menerbitkan global bond total senilai US$ 1,5 miliar dengan memperoleh kepercayaan tinggi dari investor global," katanya.

Menurut Fajriyah, keberhasilan penerbitan obligasi global Pertamina ini juga sekaligus akan mengerek prospek kinerja perekonomian Indonesia di mata investor dunia.

"Kesuksesan penerbitan global bond ini akan makin memacu Pertamina meningkatkan kinerja ke depannya, dan akan terus menjadi pendorong ekonomi nasional," ujar Fajriyah.

Sesuai rencana, dana obligasi ini akan digunakan Pertamina untuk membiayai belanja modal perusahaan.

Sebelumnya, majalah bergengsi dunia, Fortune merilis keberhasilan Pertamina menduduki urutan ke-175 dalam daftar 500 perusahaan berpendapatan terbesar dunia atau Fortune Global 500.

Posisi ke-175 itu melompat 78 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya di urutan ke-253 dan menjadikan satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar Fortune Global 500.(*)

loading...

BERITA 5 BAWAH

  • FINANSIAL
  • GADGET
  • PROPERTI
  • RITEL
  • PERKEBUNAN
  • MIGAS
  • OTOMOTIF