JoomlaLock.com All4Share.net

swiss

Additional Info

  • -: Dari Workshop Edukasi Dan Penyegaran Jurnalistik Pertamina Asset 1 Dan Asset 2 Untuk Wartawan Sumatra Bagian Utara dan Selatan
Selalu Tepat Waktu, Sinergi Pun Tercipta
Foto bersama peserta, panitia dan tim fasilitator. ist/onlinejambi.com

Atas undangan Pertamina EP Jambi, M SURTAN, wartawan Onlinejambi.com mengikuti Workshop Edukasi Dan Penyegaran Jurnalistik Pertamina Asset 1 Dan Asset 2 Untuk Wartawan Sumatra Bagian Utara dan Selatan, selama 3 hari, 3—5 Juli 2019 di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Berikut catatannya.

--------

0 ep

“Selamat pagi rekan2, kegiatan hari ini dimulai pukul 08.00 WIB di Ruang Aristoteles Lantai 1, sebelah Restoran..”

Demikian informasi dari Septrianur Kurniawan, Pertamina Asset 1 Goverment & PR Analyst melalui WA Grup jam 05.58 Rabu (2/7).

Kami pun bergegas. Ada 6 wartawan dari Jambi yang diundang mengikuti acara ini. 3 orang dari media televisi, 2 orang media siber, dan 1 orang dari radio.

Kali ini, kegiatan benar-benar tepat waktu. Keren, batinku. Dan, ini bukan di hari pertama saja. Di hari kedua dan ketiga pun berlaku tepat waktu ini.

0 ep4

Apalagi si fasilitator, Gregorius Tjaidjadi begitu apik memandu acara, terasa hidup.

“Boleh panggil apa saja. Yang penting ada di nama saya itu,” ujarnya memperkenalkan diri.

Lalu, beberapa pemainan dilakukan untuk menggairahkan suasana. Kemudian pembukaan.

Di hari pertama, ada 2 sesi acara yakni materi Hoax Dalam Berita yang disampaikan pemateri dari Direktorat Tndak Pidana Siber Bareskrim Polri dan Dewan Pers. Sesi ini dipandu Direktur Tempo Institute.

0 ep1

Setelah makan siang, pembagian 5 kelompok yang berlaku hingga penutupan acara.

Penulis tergabung di kelompok 1. Ada sepuluh orang di kelompok 1 ini, 7 laki-laki dan 3 perempuan. Pendamping Kelompok 1 yakni Co-Fasilititator Alya Chandra Pinanditha.

Dilanjutkan sesi kedua yakni penyegaran jurnalistik oleh Qaris Tajudin, M Taufiqurohman, Yandhrie Arvian, Yosep Suprayogi, dan Elik Susanto. Semua dari Tempo Institute.

Penyampaian materi dilakukan serentak untuk tiap kelompok. Tiap 20 menit, kelompok berputar ke pemateri berikutnya.

Di penghujung hari pertama dilakukan rencana peliputan, penajaman angle dan ouline.

0 ep2

Di hari kedua, liputan di dua tempat rekreasi yang lagi tren di Lembang Bandung yakni Farm House Susu Lembang dan De Ranch. Dalam kondisi normal, lokasi ini hanya berjarak sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan darat dari Kota Bandung.

Farm House Susu Lembang merupakan kawasan wisata yang berkonsep perkebunan Eropa, dibangun pada tahun 2105 tempat wisata ini langsung mendapatkan perhatian dan populer. Berbagai spot foto yang keren dan unik tersaji di sini di antaranya, Rumah Hobbit, kebun binatang mini, gembok cinta, dan taman bunga.

0 ep3

Sementara, De Ranch Lembang Bandung merupakan tempat wisata yang mengusung konsep ala cowboy Amerika, didukung dengan udara yang segar dan sejuk khas Lembang, setiap wisatawan yang mengunjungi tempat wisata satu ini akan merasakan sensasi menjadi seorang cowboy seperti yang ada di Amerika. 

Usai liputan masing-masing 1 jam di dua lokasi tersebut, dilakukan ceking bahan, penulisan serta perbaikan naskah berita, dan presentasi karya terbaik.

Hari terakhir, Amazing Race, sebuah permainan yang mengandalkan kekompakan dan kecepatan tim mencari petunjuk dari panitia dan mengerjakannya.

0 ep5

Usai semua kegiatan, dilakukan perhitungan nilai untuk tiap kelompok, mulai dari hari pertama, hingga hari terakhir. Hasilnya, kelompok 1 yang penulis tergabung di dalamnya meraih Juara 2, tapi sayang tidak ada hadiah untuk Juara 2, yang akan datang ini perlu menjadi perhatian sangat serius dari panitia, hehe...

Usai penyerahan hadiah kepada pemenang kelompk dan juga hadiah untuk karya tulis terbaik, kegiatan ditutup oleh General Manager Asset 1, Rizal Risnul Wathan.

Dalam sambutannya, Rizal mengatakan Workshop Edukasi dan Penyegaran Jurnalistik merupakan salah satu kegiatan yang telah diprogramkan setiap tahun oleh Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2.

0 ep6

General Manager Asset 1, Rizal Risnul Wathan menyerahkan hadiah kepada pemenang karya tulis terbaik. ist/onlinejambi.com.

Tujuannya memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi peserta dan menyegarkan kembali pengetahuan yang sudah diperoleh selama berkarya agar selalu up to date terhadap dinamika perkembangan zaman, terutama dalam menghadapi era kemajuan dunia siber.

“Saya merasa bahwa workshop ini adalah upaya untuk menciptkan sinergi yang baik yang tentunya bermanfaat tidak hanya bagi rekan-rekan jurnalis, namun juga bagi operasional perusahaan kami,” ujarnya.(*)

Tagar Terkait:
loading...

BERITA 5 BAWAH

  • FINANSIAL
  • GADGET
  • PROPERTI
  • RITEL
  • PERKEBUNAN
  • MIGAS
  • OTOMOTIF